Sabtu, 17 Maret 2018

Agung Hapsah vs Chandra Liow


Quality over quantity. Kalimat tersebut merupakan kalimat yang sangat cocok untuk Agung Hapsah dan Chandra Liow. Mereka adalah dua Youtubers yang sangat bagus dalam cinematography dan editing video. Tidak jarang orang-orang membandingkan keduanya untuk siapa yang lebih baik. video mereka pun selalu dibanjiri dengan pujian.

Baik Agung maupun Chandra selalu berusaha membuat konten sebaik mungkin untuk dinikmati penontonnya. Bisa dikatakan mereka adalah salah dua yang teratas di antara Youtubers Indonesia dari kualitas konten. Kali ini aku ingin sedikit membandingkan mereka berdua dari berbagai sudut pandang.

Channel

Chandra Liow tidak sendirian dalam mengurusnya. Dengan semakin berkembangnya channelnya, ia merekrut beberapa orang untuk menjadi bagian dari Tim2One. Tim2One merupakan salah satu Youtube channel Indonesia yang paling awal mendapatkan golden play button. Sementara Agung mempunyai 2 channel dan mengurusnya sendiri. Channel ‘Agung Hapsah’ yang disembunyikan jumlah subscribers-nya berkonten bahasa Indonesia. Ia juga punya channel ‘eevnxx’ untuk konten berbahasa Inggris. eevnxx akan mencapai 300K subscribers dalam waktu dekat.

Konten
Dibanding Chandra Liow, Agung Hapsah lebih jarang dalam upload video. Setiap kontennya benar-benar menunjukkan kalau ia seorang debater yang pandai dalam public speaking. Pada awal memulai Youtube, Agung berbagi informasi tentang filmmaking dan tutorial Adobe Premiere Pro. Agung mengembangkan channel miliknya ke arah lain. Ia mengatakan tidak akan membuat video tutorial lagi.

Pada kenyataannya, ia membuat hal tersebut di channel keduanya. Untuk sekarang, Agung lebih sering upload video tentang pengalaman atau kegiatan sehari-harinya. Ia juga terkadang melakukan review gadget seperti smartphone. Apapun kontennya, penonton selalu bisa menikmati karena Agung selalu mengemas dengan baik dengan konsepnya. Konten Q&A miliknya mampu mendapatkan jutaan views. Hal tersebut menunjukkan seberapa menarik dirinya.

Mari kita beralih ke Chandra Liow. Chandra telah membangun channel-nya sejak lama, tepatnya 2008. Meskipun ia mulai populer sekitar 2013 atau 2014. Tim2One banyak berisi video sketsa komedi. Chandra juga membuat Chandra Liow Story yang jadi ladang baginya untuk membuat penonton terkesan dengan cinematic vlog ala Chandra. Sama seperti Agung, Chandra membuat daily vlog terlihat lebih berbobot dan berkualitas.

Chandra Liow juga sering melakukan kolaborasi dengan artis papan atas Indonesia. Ia pernah berkolaborasi dengan aktor dan aktris seperti Tatjana Saphira, Joe Taslim dan Bunga Citra Lestari. Konten-konten Chandra lebih terkesan ke arah funny dan entertaining. Tapi jika harus jujur, Chandra Liow yang dulu lebih lucu. Walaupun sekarang dari kualitas jauh lebih baik. Bahkan dari thumbnail saja sudah nggak main-main.

Produksi
Berikut adalah peralatan shooting yang mereka gunakan berdasarkan informasi dari keduanya dalam sebuah kolaborasi di channel Tim2One:


Editing
Agung Hapsah menggunakan Adobe Premiere Pro CC sebagai editing software. Ia sering melakukan inovasi dari skill editingnya. Videonya terlihat bahwa ia membuat konsep yang matang saat pengambilan gambar untuk disempurnakan lewat editing. Dalam vlog-nya, ia selalu mencoba membuatnya terlihat lebih menarik. Ia pernah membuat timelapse yang sangat bagus. Ia juga pernah membuat kombinasi bagus dari pengambilan gambar melalui masking transition.

Editing software yang digunakan Chandra Liow adalah Sony Vegas Pro 14. Salah satu kekuatan besar Chandra adalah color grading-nya. Dari situlah ia menggambarkan situasi dan suasana videonya. Chandra biasanya membuat videonya selaras dengan beat musik yang ia pakai. Dance with the music, seperti itulah ia khususnya dalam cinematic vlog-nya. Jump cut pada footage, flicker effect (black flashes), dan permainan velocity. Ia juga sesekali memakai smooth transition tanpa berlebihan.

Background Music
Agung Hapsah biasanya mengambil lagu dari audio library, nocopyright sounds, dan bensound. Agung lebih menekankan pemilihan lagu yang tepat dengan tema video. Sementara Chandra Liow punya prioritas untuk menggunakan beat hiphop atau RnB. Chandra sering mengambil musik dari channel Danny EB dan Chuki Beat.

Nah itulah sedikit perbandingann antara Agung Hapsah dan Chandra Liow. Tentu aku tidak bisa membedah semuanya dari mereka. Siapapun yang lebih baik di antara mereka, kita harus bersyukur karena mereka telah membuat dunia Youtube Indonesia jadi lebih baik. Jadi sekarang mana yang lebih menjadi favorit kalian?





Categories:

1 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Copyright © Anas Arif | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑