Rabu, 26 Oktober 2016

Polarisasi Antena

Polarisasi antena adalah arah medan listrik yang dihasilkan dan diradiasikan oleh antenna. Polarisasi dari gelombang yang teradiasi didefinisikan sebagai suatu keadaan gelombang electromagnet yang menggambarkan arah dan magnitudo vektor medan elektrik yang bervariasi menurut waktu. Polarisasi juga didefinisikan sebagai gelombang yang diradiasikan dan diterima oleh antenna pada suatu arah tertentu. Jenis dari polarisasi antenna antara lain:

1. Polarisasi Linier
source : http://oxyprimasetiya.blogspot.co.id/2012/03/polarisasi-antena.html


Polarisasi linier terjadi jika suatu gelombang yang berubah menurut waktu pada suatu titik  yang memiliki vektor medan elektrik (magnet). Pada titik tersebut selalu berorientasi pada garis lurus yang sama pada suatu waktu.

2. Polarisasi Melingkar
source : http://oxyprimasetiya.blogspot.co.id/2012/03/polarisasi-antena.html


Polarisasi melingkar terjadi jika suatu gelombang yang berubah menurut waktu pada suatu titik yang memiliki vektor medan elektrik (magnet). Pada titik tersebut berada pada jalur lingkaran sebagai fungsi waktu. Kondisi yang harus dipenuhi untuk mencapai polarisasi ini adalah:
   
   a. Medan harus mempunyai 2 komponen yang saling tegak lurus linier.
   b. Kedua komponen tersebut harus mempunyai magnitude yang sama.
   c. Kedua komponen tersebut harus memiliki perbedaan fasa pada kelipatan ganjil 90 derajat.

3. Polarisasi Elips
source : http://oxyprimasetiya.blogspot.co.id/2012/03/polarisasi-antena.html


Polarisasi Elips terjadi ketika gelombang yang berubah menurut waktu yang memiliki vektor medan (elektrik/magnet). Pada titik tersebut berada pada jalur kedudukan elips pada ruang. Kondisi yang harus dipenuhi yaitu:

a.       Medan harus punya 2 komponen linier orthagons.

b.       Kedua komponen tersebut harus berada pada magnitude yang sama atau berbeda.

Tidak ada komentar:
Write coment�rios